Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D, IPM, ASEAN Eng, menyegel gelar Insinyur Asean.

Ir. Insannul Kamil, Ph.D, IPM, Asean.Eng

Singapura,—Satu lagi putera terbaik Sumbar bikin kebanggaan buat Univeristas Andalas khususnya, Sumbar umumnya, hebat dan membanggakan Dekan Fakultas Teknik Unand, Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D, IPM, ASEAN Eng, menyegel gelar Insinyur Asean.

Mulai hari itu, dibelakang nama Pak Nanuk panggilan gaul Insannul Kamil ada ASEAN Eng.

Insannul menerima sertifikat Asean Engineer Register (AER) saat mengikuti Conference of the ASEAN Federation of Engineering Organisations (CAFEO) ke-36 di Resorts World Sentosa, Singapura 12 – 14 November 2018.

“Sertifikasi ASEAN Engineer merupakan produk Mutual Recognition Arrangement (MRA) negara ASEAN yang salah satu fungsinya memberikan mobilitas kepada para insinyur di negara ASEAN untuk bisa saling bekerja di negara anggota ASEAN dengan mendapatkan pengakuan dalam hal antara lain kesamaan standardisasi upah dan kompensasi dalam praktek pekerjaan keinsinyuran,” ujar Pak Nanuk kepada media ini lewat pesan pribadi WhatsApp Rabu 14/11.

Menurut Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D, IPM, ASEAN Eng, CAFEO merupakan pertemuan tahunan organisasi insinyur seluruh negara ASEAN yang kali ini mengusung tema engineering rail connectivity and fostering excellence in engineering education.

Pada CAFEO-36 ini juga dilaksanakan ASEAN Engineering Deans Summit, yang merupakan pertemuan Dekan Fakultas Teknik Negara-Negara ASEAN.

“Pertemuan di Singapura ini, para Insinyur ASEAN membahas isu-isu penting pendidikan tinggi saat ini, seperti transformasi pendidikan tinggi teknik pada era revolusi industri 4.0, pengembangan pendidikan tinggi teknik di negara-negara ASEAN, penjaminan kualitas pendidikan tinggi dan kolaborasi pendidikan sesama negara anggota ASEAN,”ujar Pak Nanuk. (own)